Perkembangan Reklame Billboard Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Reklame Billboard Dari Masa Ke Masa

Reklame billboard dikenal sebagai salah satu media iklan yang banyak digunakan untuk kegiatan promosi, baik itu promosi barang atau bahkan layanan jasa,. Namun dikenal sebagai media iklan yang berada di luar area ruangan atau outdoor ternyata billboard pun hadir dengan beragam jenis media iklan lainnya. Ingin tau apa saja? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini :

Billboard Advertising

Reklame-BillboardBillboard termasuk dalam media iklan untuk area luar ruangan dengan ukuran yang cukup besar. Merujuk pada arti yang sesungguhnya. Billboard dikenal sebagai poster dengan ukuran besar dan umumnya diletakkan di tempat yang tinggi dan tentunya dapat dilihat serta dilallui oleh banyak orang. Billboard dikenal sebagai jenis reklame yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja perkembangan yang dimilikinya pun cukup pesat tidak heran jika billboard pun kini menggunakan teknologi terbaru yang dimilikinya dan dikenal dengan sebutan digital billboard. Selain itu ada pula mobile billboard yaitu jenis billboard yang mampu berjalan kesana kemari karena umumnya ditempatkan pada kendaraan atau mobil sebagai iklan berjalan.

Continue reading →

Bagian-bagian Penting Dari Biaya Pajak Reklame

Bagian-bagian Penting Dari Biaya Pajak Reklame

Biaya pajak reklame  adalah bagian penting yang wajib untuk anda perhatikan dari sebuah reklame. Reklame dikenal sebagai alat, benda atau bahkan perbuatan serta media dengan bentuk juga corak beraneka ragam yang ditujukan untuk kepentingan komersial dalam hal memperkenalkan, kemudian menganjurkan, mempromosikan guna menarik perhatian dari masyarakat umum akan produk atau bahkan jasa yang ditunjukkan pada reklame itu sendiri. Sementara itu biaya untuk pajak reklame itu sendiri umumnya dipungut berdasarkan seluruh penyelenggaraan reklame itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa bagian dari reklame yang berkaitan dengan pembayaran atau pun biaya pajak reklame yang dimilikinya, diantaranya :

 

Objek pajak

 

Objek pajak dari reklame dikenal sebagai seluruh penyelenggara reklame yang diantaranya terdiri dari reklame papan, atau billboard, kemudian videotron, megatron, dan bahan sejenis lainnya Kemudian ada pula reklame kain, reklame yang melekat, seperti halnya stiker, serta reklame selebaran. Lebih dari itu ada pula jenis reklame berjalan termasuk yang ada pada kendaraan, reklame udara, reklame apung, suara, film atau pun slide, serta reklame peragaan.

Sedangkan berikut ini adalah beberapa jenis reklame yang tidak termasuk dalam objek pajak diantaranya adalah :

 

  • Jenis reklame yang diselenggarakan pemerintah, baik itu pemerintah pusat atau bahkan pemerintah daerah
  • Kemudian jenis reklame yang dilakukan melalui televisi, warta harian, radio, warta mingguan, bulanan, dan lainnya.
  • Jenis label serta merek produk yang juga melekat di barang yang telah diperdagangkan, yaitu jenis barang yang berfungsi sebagai pembeda dari produk yang masih sejenis lainnya.
  • Nama pengenal untuk usaha atau pun profesi yang melekat di tempat bangunan usaha atau bahkan profesi yang diselenggarakan. Hal ini berkaitan dengan ketentuan serta pengaturan dari nama pengenal usaha atau bahkan profesi dengan luas tidak melebihi ukuran 1 m2. Sedangkan untuk ketinggian maksimum umumnya dilakukan pada ukuran 15 meter dengan jumlah reklame yang tidak banyak.
  • Jenis reklame yang juga digunakan untuk menyebutkan nama dari tempat ibadah serta panti asuhan.
  • Penyelenggara reklame yang berkaitan dengan kepemilikan dari peruntukan tanah, yang dikenal dengan ketentuan tidak lebih dari 1 m2dan pada bagian atas tanah terkecuali untuk penggunaan reklame tersebut.

 

Subjek pajak

 

Subjek pajak untuk reklame diantaranya terdiri dari orang pribadi atau bahkan badan usaha yang hendak menggunakan reklame itu sendiri.

 

Wajib pajak

 

Wajib pajak untuk reklame dikenal sebagai orang pribadi atau bahkan badan yang tengah menyelenggarakan reklame. Hal ini berkaitan dengan penyelenggaraaan dari reklame itu sendiri yang umumnya dilakukan oleh orang pribadi atau bahkan badan usaha tertentu. Karena itulah wajib reklame berkaitan dengan orang atau badan usaha itu sendiri. Sedangkan untuk penyelenggaraan reklame yang dilakukan oleh pihak ketiga tentunya wajib pajak pun akan beralih pada pihak ketiga tersebut

 

Dasar untuk pengenaan pajak

 

Dasar untuk pengenaan pajak umumnya berdasarkan pada NSR atau nilai sewa reklame

NSR yang dimaksud di bagian di atas tadi diatur pada aturan di bagian bawah ini :

Reklame yang dilakukan oleh pihak ketiga, maka NSR tersebut akan ditentukan berdasarkan Nilai Kontrak Reklame. Sedangkan untuk reklame yang akan dilakukan atau diselenggarakan oleh diri sendiri, maka NSR pun akan dihitung dengan menggunakan faktor-faktor di bagian bawah ini, diantaranya :

  • Bahan yang digunakan,
  • Jenis
  • Waktu ‘lokasi penempatan
  • Jumlah
  • Jangka waktu penyelenggaraan, serta
  • Ukuran media untuk reklame

Sementara itu untuk lokasi penempatan dari reklame itu sendiri umumnya dibagi menjadi kelas jalan dengan rincian sebagai berikut, diantaranya :

  • Protokol A
  • Protokol B
  • Protokol C
  • Ekonomi kelas I
  • Ekonomi kelas II, serta
  • Ekonomi kelas III

 

Tarif pajak untuk reklame

 

Sesuai dengan iuran yang telah ada untuk tarif atau biaya pajak reklame itu sendiri umumnya ditentukan dengan hitungan 25%.

 

3 Hal Prinsip dalam Melakukan Promosi Bisnis Waralaba

3 Hal Prinsip dalam Melakukan Promosi Bisnis Waralaba

cara promosi bisnis rumahan untuk pemula

Pesatnya pertumbuhan bisnis franchise di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menjadi ancaman sekaligus peluang bagi para pebisnis waralaba dalam mengembangkan usahanya. Tidak heran bila promosi bisnis waralaba mereka lakukan dengan gencar sembari membenahi dan meningkatkan kinerja perusahaan di berbagai sektor.

Boomingnya bisnis franchise ini menjadi sebuah ancaman, jika franchisor enggan untuk melakukan renovasi dan tidak memiliki inovasi dalam mempertahankan usahanya. Sebaliknya, bagi pebisnis yang kaya akan ide-ide kreatif justru menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang untuk memperbesar franchisenya.

Inovasi-inovasi baru memang sangat diperlukan dalam berbisnis, karena dunia bisnis selalu dinamis dan tidak pernah stagnan. Tengok saja fenomena beberapa tahun yang lalu saat Dunkin Donuts menguasai kuliner donut di Indonesia karena pada saat itu memang tidak memiliki pesaing. Tapi begitu muncul Mister Donut, J-Co, Krispy Kreme serta yang lain, nama Dunkin Donuts pun semakin pudar.

Hal yang sama juga terjadi pada KFC, Pizza Hut dan Hoka-hoka Bento yang juga sempat mendominasi pasar karena minim pesaing. Tapi begitu muncul franchise sejenis, dominasi mereka semakin berkurang.

Fenomena tersebut menjadi bukti akan ketatnya persaingan bisnis franchise, sehingga seorang franchisor harus mempunyai visi misi yang jelas dalam menjalankan bisnisnya, memiliki orientasi dalam mengembangkan usahanya, ulet dan tangguh dalam menghadapi ketatnya persaingan dan tidak pernah berhenti dalam melakukan promosi bisnis waralaba.

Terkait dengan promosi bisnis waralaba, berikut 3 hal prinsip yang tidak boleh dilupakan.

Continue reading →

Cara Mudah Hitung Tarif Pajak Reklame

Cara Mudah Hitung Tarif Pajak Reklame

tarif-pajak-reklameBagaimana sih cara menghitung tarif pajak reklame? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh mereka yang hendak menggunakan reklame sebagai media promosi. Pada dasarnya ketika anda berencana untuk menyewa papan besar atau billboard yang berada di tepi jalanan guna kepentingan promosi produk atau bahkan jasa, maka anda pun harus mengetahui beragam hal yang berkaitan dengannya, sehingga proses persiapan pun dapat dilakukan dengan lebih tepat, termasuk untuk cara mengurus pemasangan reklame serta biaya apa saja yang dibutuhkan olehnya.

Continue reading →

Informasi Singkat Dari Izin Penyelenggaraan Reklame

Informasi Singkat Dari Izin Penyelenggaraan Reklame

izin reklame menjadi bagian penting yang wajib untuk anda perhatikan dalam pemasangan atau penyelenggara reklame. Penyelenggara reklame dikenal sebagai rangkaian kegiatan atau bahkan peraturan yang meliputi proses perencanaan, kemudian jenis, perizinan, penyelenggara, pengendali, pengawasan serta penertiban reklame guna mewujudkan pemanfaatan dari ruang kota dengan lebih serasi. Dalam proses penyelenggara reklame tentunya hal ini harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu, persetujuan tersebut berkaitan dengan izin tertulis penyelenggara reklame dari pihak gubernur dengan menunjukkan satu dinas yang kompeten. Karena itulah untuk memperoleh izin penyelenggara reklame, maka harus diajukan permohonan tertulis pada pihak Gubernur. Hal ini dilakukan dengan melengkapi persayaratan administrasi yang telah ditetapkan  melalui keputusan gubernur.

Continue reading →

4 Kiat Sukses Berbisnis Restoran yang Wajib Anda Tahu

4 Kiat Sukses Berbisnis Restoran yang Wajib Anda Tahu

kiat sukses berbisnis restoran

Bisnis restoran memang cukup menjanjikan. Disamping pangsa pasarnya luas, laba yang diperoleh bisa mencapai 100% dari modal yang dikeluarkan. Tapi itu jika kondisi restoran ramai, banyak pelanggan dan seluruh makanan terjual habis dalam sehari. Jika sebaliknya, maka yang terjadi akan berbalik 180 derajat, karena makanan yang sudah dimasak dan tidak terjual, terpaksa harus dibuang karena tidak layak untuk disajikan apalagi dijual. Disinilah kiat berbisnis restoran sangan dibutuhkan.

Sama halnya dengan kiat bisnis yang lain, sebelum membuka restoran harus ditanamkan niat yang kuat, tidak setengah hati, siap menanggung segala risiko dan melakukan persiapan yang matang. Membuka restoran tidak cukup hanya bermodal hobi kuliner, ketrampilan masak atau kepandaian dalam promosi bisnis restoran. Karena jika hanya ketiga hal tersebut yang dijadikan modal, maka jangan berharap akan bertahan lama dalam menekuni bisnis yang satu ini, sebab keuntungan yang dijanjikan sebesar risiko yang harus ditanggung.

Agar bisnis kuliner Anda dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka perhatikan dan terapkan 4 kiat berbisnis restoran berikut ini.

Continue reading →

Tips Tepat Memilih Jasa Pengurusan Pajak Reklame

Tips Tepat Memilih Jasa Pengurusan Pajak Reklame

Layanan jasa pengurusan pajak reklame menjadi salah satu layanan yang cukup banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia pada saat ini, khususnya oleh mereka yang menggunakan reklame sebagai media iklan promosi dalam usaha atau bahkan bisnis yang tengah dilakukannya. Seperti yang masyarakat umum ketahui, papan reklame umumnya digunakan sebagai media marketing atau pemasaran dari suatu produk barang atau bahkan jasa. Dengan hadirnya reklame, maka perusahaan atau bahkan bisnis. Anda yang tengah melakukan kegiatan promosi pun saat dilakukan dengan lebih mudah, khususnya dalam mengenalkan produk atau bahkan jasa pada khalayak umum.

Continue reading →

Jasa Pemasangan Iklan Baris Media Cetak

Jasa Pemasangan Iklan Baris Media Cetak

Pasang iklan baris kompas, pos kota, pikiran rakyat dan media lainnya.

Anda membutuhkan bantuan jasa pemasangan iklan baris di media cetak? Mari hubungi kami. Kami siap membantu Anda

desaign iklan kolom 1Iklan baris adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di Koran .cara ini merupakan perkembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan informasi yang lebih lengkap dan terperinci. Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh peminatnya karena itu biasanya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuh kan beberapa baris saja biasanya Koran – Koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris.

Continue reading →

Agency Pengurusan Ijin Pajak Reklame Media Luar Ruang di Lampung

Agency Pengurusan Ijin Pajak Reklame Media Luar Ruang di Lampung

Agency Pengurusan Ijin Pajak Reklame Media Luar Ruang di Lampung

Bagi Anda yang berada di Bandar Lampung/daerah Lampung, dan membutuhkan bantuan pengurusan izin reklame, kami siap membantu.

Brainwareadv berpengalaman dalam mengurus izin reklame media luar ruang. Untuk info selengkapnya, mari hubungi kami. 

pajak reklame lampungSiapa yang menyangka sekarang banyak orang yang melirik daerah lampung untuk memperkenalkan pruduknya . Daerah ini berkembang pesat berkat perkembangan baik insfratruktur, pembangunan dan ekonomi.  ini terbukti dari banyaknya tempat wisata yang mulai di kembangkan, munculnya berbagai pabrik-pabrik yang bersifat nasional mulai di dirikan disana. Selain itu, letak daerah lampung sendiri yang menjadi gerbang masuk antara pulau jawa dan pulau Sumatra. Sehingga membuat Lampung dapat di perhitungkan oleh para pelaku usaha untuk melakukan usaha nya di sana.

Continue reading →