5 Cara Promosi Toko yang Jitu Agar Toko Anda Laris Manis

Apapun barang dagangan yang dijual, promosi toko wajib dilakukan, baik toko online maupun offline. Karena hanya dengan promosilah pengunjung tertarik untuk datang dan dengan banyaknya pengunjung akan meningkatkan omzet penjualan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan toko online ibarat jamur di musim hujan. Namun demikian bukan berarti keberadaan toko offline meredup, karena persentase masyarakat yang memanfaatkan toko offline untuk berbelanja masih lebih besar dibandingkan berbelanja secara online.

Karena itu tidak ada alasan bagi pemilik toko offline merasa pesimis melihat fenomena yang berkembang. Sepanjang promosi tokodilakukan dengan benar dan berkesinambungan, maka pelangganpun masih akan terus berdatangan. Berikut 5 cara promosi untuk mendatangkan konsumen baru dan mempertahankan pelanggan setia untuk tetap berbelanja.

1. Display Menarik, Tampilan Meyakinkan

Tampilan toko merupakan daya tarik pertama yang ditawarkan kepada calon konsumen,  karena itu merupakan bagian dari promosi tokodalam memikat pembeli. Toko dengan tampilan yang terkesan kumuh dan display yang tidak menarik akan membuat konsumen enggan untuk melirik.

Sebaliknya, toko yang memiliki tampilan mengesankan dengan display yang tertata rapi akan mengundang konsumen untuk berbelanja. Bahkan, mereka yang awalnya tidak berniat untuk berbelanja, begitu melihat tampilan toko akan tergoda untuk masuk dan membeli barang yang dijual.

2. Layanan yang Memuaskan

Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen juga merupakan bentuk promosi toko, karena dari pelayanan itulah konsumen yang merasa puas akan memberikan bonus word of mouthalias promosi dari mulut ke mulut.

Sebaliknya, jika konsumen merasa tidak dilayani dengan baik, dia tidak hanya enggan untuk datang kembali, tapi juga akan menyebarkan informasi negatif seputar pelayanan buruk yang diterima, sehingga mempengaruhi orang lain untuk tidak berbelanja.

Pelayanan yang dimaksud sifatnya menyeluruh, mulai dari tempat parkir yang luas dan representatif, kenyamanan yang dihadirkan di dalam toko, keramahtamahan karyawan, dan berbagai bentuk pelayanan lainnya.

3. Bonus dan Hadiah

Siapapun pasti tertarik jika diiming-imingi dengan bonus dan hadiah. Bahkan, banyak orang yang membeli produk, bukan karena dia sangat membutuhkan produk tersebut, namun disebabkan karena tertarik dengan hadiah yang dijanjikan. Karena itu memberikan bonus dan hadiah bisa menjadi cara yang efektif untuk promosi toko.

Memberikan bonus dan hadiah dapat dilakukan dengan banyak cara, bisa lewat discount harga untuk pembelian dalam jumlah besar, memberikan hadiah dalam bentuk barang untuk pembelanjaan dengan nilai tertentu, mengadakan program undian  pada waktu-waktu tertentu, dan sebagainya.

4. Berikan Kontribusi Sosial

Bisnis yang baik bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, tapi juga dapat memberikan kontribusi sosial, utamanya bagi lingkungan yang ada di sekitarnya. Memberikan kontribusi sosial inipun juga merupakan bagian dari promosi toko, karena masyarakat yang merasakan kontribusi sosial tersebut akan dengan senang hati mempromosikan toko dari mulut ke mulut.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, mulai dari hal yang sederhana seperti mencetak kalender atau jam dinding berhiaskan nama dan logo toko, menjadi sponsor untuk berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan oleh masyarakat dan  sebagainya.

5. Bangun Citra Positif

Citra positif merupakan rangkuman dari apa yang telah diberikan oleh toko kepada para konsumen, pelanggan dan masyarakat, mulai dari tampilan toko, layanan yang diberikan, bonus dan hadiah yang dibagikan, kontribusi sosial dan banyak hal lainnya yang membuat konsumen dan masyarakat memiliki image positif setiap kali mendengar nama toko disebutkan.

Jika citra positif sudah tertanam dalam benak konsumen dan masyarakat, itu artinya berbagai cara promosi tokoyang selama ini dilakukan memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, karena dengan sendirinya toko tersebut akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam  berbelanja.

Nah jika toko Anda membutuhkan solusi promosi media luar ruang, seperti: pembuatan neon box, pembuatan spanduk, branding mobil, maka mari gunakan jasa-jasa dari Brainwareadv ya. Hubungi tim kami untuk info selengkapnya.

brainware advertising

Brainwareadv.com adalah perusahaan penyedia jasa seputar media luar ruang. Kami menyediakan: jasa pengurusan izin pajak reklame, jasa pembuatan neon box, jasa branding mobil, dan berbagai solusi media luar ruang lainnya.

Artikel Baru

6 Cara Mengembangkan Bisnis Minuman yang Terbukti Ampuh

Tidak berbeda halnya dengan bisnis makanan, bisnis minumanpun mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari jumlah pengusahanya maupun dari jenis,… Selengkapnya

10 hours yang lalu

Butuh Ide Promosi? Ini 4 Cara Promosi Bisnis Murah Meriah

Media promosi bisnis sangat beragam dan terus berkembang mengikuti dinamika masyarakat, perputaran roda perekonomian dan perkembangan teknologi. Diantara sekian banyak… Selengkapnya

22 hours yang lalu

4 Peluang Usaha di Kota Depok dengan Modal Kecil

Minimnya serapan kerja terhadap angkatan kerja produktif di Kota Depok, membuat masyarakat perlu menggali peluang usaha Depok agar angka pengangguran yang… Selengkapnya

1 day yang lalu

Jasa Izin Reklame: Titik Reklame di Depok

Bagi Anda yang ingin memasang reklame di wilaya Depok, kami siap membantu Anda.  BrainwareAdv siap membantu pengurusan izin reklame untuk… Selengkapnya

2 days yang lalu

Jasa Pengurusan Ijin Reklame di Karawang

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan izin reklame di wilayah Karawang, kami siap membantu Anda.  Brainwareadv berpengalaman dalam hal pengurusan izin… Selengkapnya

2 days yang lalu