3 Cara Promosi Bisnis Konvensional yang Masih Sangat Efektif

Tidak semua hal yang berbau konvensional selalu ketinggalan zaman dan tidak lagi dapat digunakan. Cukup banyak hal-hal konvensional yang masih relevan untuk dipakai, bahkan memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan sesuatu yang bersifat kekinian, salah satu diantaranya adalah promosi bisnis konvensional.

Ditengah pesatnya laju teknologi yang merambah ke sektor ekonomi, memang telah menciptakan pasar-pasar baru dan peluang-peluang bisnis yang belum pernah ada sebelumnya. Begitu pula dengan strategi marketing, mengikuti arus perkembangan pasar modern sehingga promosi bisnis konvensional banyak yang ditinggalkan dengan beralih ke  ke sistem pemasaran yang baru.

Namun demikian, masih ada sejumlah cara konvensional dalam mengkampanyekan produk yang tetap digunakan, karena dipandang masih efektif serta dapat mengikuti zaman. Beberapa cara promosi bisnis konvensional yang hingga kini masih tetap dipakai tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Networking

Membangun networking atau jaringan, sudah dilakukan sejak dahulu kala, bahkan usianya hampir sama dengan munculnya proses jual – beli itu sendiri.  Jika ada yang membedakan dari cara membangun networking untuk kepentingan bisnis pada zaman dahulu dengan sekarang adalah tempat dan cara penyampaiannya.

Dahulu jaringan dibangun dengan cara tradisional lewat pertemuan di warung-warung, pasar atau tempat keramaian lainnya dengan sistem penyampaian secara verbal alias menggunakan bahasa tutur, sementara sekarang promosi bisnis konvensional tersebut memiliki ruang dan bentuk penyampaian yang lebih variatif.

Upaya untuk membangun networking saat sekarang bisa dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung lewat pertemuan formal dan non-formal di cafe, ruang seminar, pertemuan antar komunitas atau acara-acara yang lain. Tidak hanya itu, tempat untuk bertemu dan bertatap muka bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, lewat situs forum, grup-grup di berbagai media sosial, dan berbagai layanan online lainnya. Begitu juga dengan media dan cara penyampaiannya tidak hanya sebatas menggunakan bahasa tutur, tapi juga chatting, video call, atau video streaming.

2. Word of Mouth  

Promosi bisnis konvensional yang umurnya juga setua proses transaksi adalah word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut. Dikatakan sangat tua, karena sistem komunikasi verbal dengan menggunakan bahasa tutur adalah sistem komunikasi yang pertama kali dikenal oleh manusia.

Uniknya, promosi bisnis konvensionalyang umurnya sudah sangat tua ini ternyata masih relevan untuk digunakan pada saat sekarang, bahkan banyak ahli ekonomi dan pelaku bisnis yang berpendapat bahwa diantara sekian banyak sistem promosi yang ada sekarang ini, word of mouth memiliki kekuatan yang paling besar dalam mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap sebuah produk.

Sebagaimana networking, promosi dari mulut ke mulut pun mengalami perkembangan, dari semula benar-benar menggunakan mulut untuk mengenalkan dan menawarkan barang serta jasa, berkembang dengan memanfaatkan bahasa tulis lewat chatting atau komentar-komentar yang ditulis di media sosial, bercengkeramah sekaligus bertatap muka lewat video call dan berbagai cara yang lain.

Model penyampaiannyapun juga mengalami perkembangan. Jika dahulu memanfaatkan orang-orang terdekat untuk membantu menawarkan barang dan jasa, saat sekarang dapat dilakukan lewat testimoni yang di tulis di website atau situs forum oleh para pelanggan setia serta melalui media sosial dengan menyewa buzzer.

3. Flyer dan Brosur

Tidak lama setelah manusia mengenal kertas, sistem promosi dengan menyebarkan flyer dan brosur sudah dilakukan untuk mengenalkan dan menawarkan sebuah produk dan jasa. Seiring dengan perkembangan zaman sistem pemasaran yang satu ini mengalami perkembangan, sehingga muncullah spanduk, banner, baliho, neon box dan sebagainya.

Meski media yang digunakan untuk branding produk mengalami perubahan, baik dari bahan, bentuk maupun ukurannya, namun cara promosi bisnis konvensional dengan menggunakan brosur dan flyer masih tetap digunakan pada masa sekarang.

brainware advertising

Brainwareadv.com adalah perusahaan penyedia jasa seputar media luar ruang. Kami menyediakan: jasa pengurusan izin pajak reklame, jasa pembuatan neon box, jasa branding mobil, dan berbagai solusi media luar ruang lainnya.

Artikel Baru

Butuh Ide Promosi? Ini 4 Cara Promosi Bisnis Murah Meriah

Media promosi bisnis sangat beragam dan terus berkembang mengikuti dinamika masyarakat, perputaran roda perekonomian dan perkembangan teknologi. Diantara sekian banyak… Selengkapnya

13 hours yang lalu

4 Peluang Usaha di Kota Depok dengan Modal Kecil

Minimnya serapan kerja terhadap angkatan kerja produktif di Kota Depok, membuat masyarakat perlu menggali peluang usaha Depok agar angka pengangguran yang… Selengkapnya

1 day yang lalu

Jasa Izin Reklame: Titik Reklame di Depok

Bagi Anda yang ingin memasang reklame di wilaya Depok, kami siap membantu Anda.  BrainwareAdv siap membantu pengurusan izin reklame untuk… Selengkapnya

2 days yang lalu

Jasa Pengurusan Ijin Reklame di Karawang

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan izin reklame di wilayah Karawang, kami siap membantu Anda.  Brainwareadv berpengalaman dalam hal pengurusan izin… Selengkapnya

2 days yang lalu

5 Cara Promosi Bisnis Restoran yang Terbukti Ampuh

Cara promosi bisnis restoran yang efektif dan tepat sasaran sangat diperlukan, tidak hanya untuk restoran yang baru berdiri, tapi juga untuk restoran… Selengkapnya

3 days yang lalu