5 Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner Agar Bisnis Anda Sukses Besar

cara mengembangkan bisnis kuliner

Salah satu bisnis yang dari tahun ke tahun semakin kencang pertumbuhannya adalah bisnis kuliner. Oleh karena itu persaingannyapun cukup ketat, sehingga untuk bisa eksis dan untuk bisa mengembangkan bisnis kuliner dibutuhkan berbagai macam cara, termasuk melakukan inovasi dari sisi cita rasa, cara penyajian sampai dengan pemberian nama menu.

Namun demikian, meski tingkat persaingan cukup ketat, bisnis kuliner masih tetap menjanjikan mengingat makanan merupakan pokok. Selain itu, dengan semakin meningkatnya laju perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, membuat kebutuhan akan makanan tidak hanya sebatas pada kuantitas tapi juga kualitas. Dengan kata lain, kreasi dan inovasi sangat dibutuhkan dalam menghadirkan menu-menu baru serta cara penyajian yang berbeda.

Bagi Anda yang mencoba untuk ikut meramaikan persaingan di dunia kuliner atau yang sudah berkecimpung dan ingin usahanya dapat meningkat, berikut 5 cara mengembangkan bisnis kuliner yang bisa Anda coba.

1. Survery Pasar

Bisnis apapun akan diterima dengan baik oleh masyarakat jika bisnis tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat, begitu juga dengan kuliner. Pertanyaannya adalah, makanan seperti apa, disajikan dengan cara bagaimana dan dengan kisaran harga berapa yang paling diharapkan oleh masyarakat?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus dicari jawabannya dengan melakukan survey pasar. Setelah mengetahui kebutuhan kuliner seperti apa yang diharapkan masyarakat, berusahalah untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan dipastikan bisnis kuliner Anda akan disambut dengan antusias oleh pasar.

2. Diferensiasi

Mengembangkan bisnis kuliner tidak hanya sebatas mengetahui keinginan pasar tapi juga mengetahui kondisi kompetitor. Untuk itulah survey kembali harus dilakukan dengan mempelajari siapa saja yang menjadi kompetitor, apa saja kelebihan dan kekurangan mereka, bagaimana cara mereka dalam menjaring konsumen dan sebagainya.

Setelah mengatahui kelebihan dan kekurangan kompetitor, cobalah untuk mengadopsi berbagai kelebihan yang mereka miliki, meniru cara mereka dalam menjaring konsumen, memenuhi fasilitas dan berbagai hal yang tidak dimiliki kompetitor dan lakukan diferensiasi.

Menghadirkan sesuatu yang berbeda kepada konsumen merupakan salah satu kunci untuk dapat memenangkan persaingan, terlebih jika Anda baru merintis usaha atau yang harus dihadapi adalah kompetitor mapan yang sudah memiliki nama di mata publik.

3. Bangun Brand Awarness

Membangun brand awarness merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis kuliner, sekalipun bisnis tersebut hanya berskala menengah ke bawah. Sehingga tatkala berbicara tentang kuliner, image masyarakat akan langsung tertuju pada bisnis yang Anda kelola.

Untuk senantiasa mengingatkan masyarakat akan brand yang Anda bangun, lakukan remind secara berkala sehingga loyality masyarakat senantiasa terjaga. Terlebih dengan terus bertambahnya pemain bisnis di bidang kuliner yang memungkinkan konsumen memiliki kecenderungan untuk berubah.

4. Buka Cabang Baru

Jika usaha kuliner  sudah berkembang sesuai harapan dan cukup keteteran dalam melayani banyaknya pelanggan, jangan takut untuk membuka cabang baru. Bahkan merupakan keharusan untuk memperbesar pangsa pasar, tentunya juga untuk meningkatkan omzet penjualan.

Cara mengembangkan bisnis kuliner dengan membuka cabang baru ini harus tetap menjadikan tempat usaha yang lama sebagai pondasi. Artinya, segala apa yang ada di tempata usaha lama sebisa mungkin diterapkan di cabang baru, mulai dari menu-menu yang ditawarkan, harga makanan, bahkan bila perlu desain eksterior dan interior ruanganpun dibuat mirip.

5. Perbaiki Strategi Promosi

Strategi promosi yang jitu dan tepat sasaran adalah ujung tombak dari keberhasilan bisnis apapun termasuk kuliner. Karena itu promosi harus dilakukan dengan gencar dan terus menerus, sekalipun usaha kuliner Anda sudah dikenal akrab oleh publik.

Bahkan, meski cara berpromosi yang selama ini Anda kembangkan terbukti efektif untuk mendongkrak penjualan, jangan pernah berhenti untuk mengevaluasi dan memperbaiki strategi promosi, sebab kondisi masyarakat senantiasa dinamis sehingga media promosi yanag efektifpun tidak menutup kemungkinan mengalami perubahan atau setidaknya butuh perbaikan. Tanpa promosi, mustahil untuk bisa sukses dalam mengembangkan bisnis kuliner.

Butuh jasa pengurusan izin reklame, jasa pemasangan spanduk/baliho, jasa pembuatan billboard, neonbox, jasa branding mobil, dan media luar ruang lainnya? Yuk hubungi kami untuk konsultasi. Hubungi tim Brainwareadv - WhatsApp: 0857 1034 9468.

0/5 (0 Reviews)

brainware advertising

Brainwareadv.com adalah perusahaan penyedia jasa seputar media luar ruang. Kami menyediakan: jasa pengurusan izin pajak reklame, jasa pembuatan neon box, jasa branding mobil, dan berbagai solusi media luar ruang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *