4 Kiat Sukses Berbisnis Restoran yang Wajib Anda Tahu

kiat sukses berbisnis restoran

Bisnis restoran memang cukup menjanjikan. Disamping pangsa pasarnya luas, laba yang diperoleh bisa mencapai 100% dari modal yang dikeluarkan. Tapi itu jika kondisi restoran ramai, banyak pelanggan dan seluruh makanan terjual habis dalam sehari. Jika sebaliknya, maka yang terjadi akan berbalik 180 derajat, karena makanan yang sudah dimasak dan tidak terjual, terpaksa harus dibuang karena tidak layak untuk disajikan apalagi dijual. Disinilah kiat berbisnis restoran sangan dibutuhkan.

Sama halnya dengan kiat bisnis yang lain, sebelum membuka restoran harus ditanamkan niat yang kuat, tidak setengah hati, siap menanggung segala risiko dan melakukan persiapan yang matang. Membuka restoran tidak cukup hanya bermodal hobi kuliner, ketrampilan masak atau kepandaian dalam promosi bisnis restoran. Karena jika hanya ketiga hal tersebut yang dijadikan modal, maka jangan berharap akan bertahan lama dalam menekuni bisnis yang satu ini, sebab keuntungan yang dijanjikan sebesar risiko yang harus ditanggung.

Agar bisnis kuliner Anda dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka perhatikan dan terapkan 4 kiat berbisnis restoran berikut ini.

1. Tidak Cukup Hanya Mempelajari Teori

Banyak buku-buku tentang kiat berbisnis restoran serta materi-materi tentang bisnis kuliner yang bisa dipelajari dengan melakukan browsing di internet. Segala macam teori yang ditulis di buku dan disebarluaskan di berbagai media online tersebut memang berguna untuk menambah referensi dalam membangun bisnis restoran, namun masih belum cukup untuk dijadikan bekal dalam membuka restoran.

Pasalnya, banyak hal yang tidak bisa dipelajari dari buku dan tidak bisa diungkapkan dengan teori. Satu-satunya cara untuk dapat mempelajarinya adalah praktik secara langsung dengan bekerja di restoran, apapun posisinya.

Dengan cara itu Anda akan bisa tahu tentang bagaimana menciptakan tim yang solid, seperti apa pola komunikasi antara owner, chef serta karyawan, bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, apa yang harus dilakukan jika pelanggan melakukan komplain dan masih banyak lagi.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk belajar dari nol, maka yang harus dilakukan dalam masa persiapan sampai dengan bulan-bulan awal berdirinya restoran adalah kehadiran konsultan atau rekan yang berpengalaman dalam bisnis restoran.

2. Rencanakan dengan Konsep yang Matang

Membuat business plan merupakan bagian dari kiat berbisnis restoran yang tidak boleh dilupakan. Sebab tidak sedikit restoran yang gagal disebabkan karena kurang matangnya perencanaan.

Dalam menyusun business plan tersebut akan dapat diketahui siapa saja yang menjadi kompetitor, seperti apa lanskap pasar dan target marketnya, seperti apa sistem pemasarannya, bagaimana proyeksi pembiayaannya dan sebagainya.

Lewat perencanaanlah konsep restoran yang ideal akan ditemukan, apakah street food, fine dining, restoran keluarga atau konsep yang lain. Begitu juga dengan menu-menu yang akan disajikan, desain eksterior dan interior, brand serta yang lain.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Kiat berbisnis restoran berikutnya adalah mencari lokasi usaha yang strategis, karena lokasi memiliki peranan penting dalam mendatangkan pelanggan. Tidak ada patokan yang pasti lokasi seperti apa yang dapat disebut strategis karena tergantung dari kondisi lingkungan serta target pasar.

Hanya saja sebagai gambaran umum, lokasi yang ideal untuk mendirikan restoran adalah yang dekat dengan jalan yang ramai oleh lalu lalang kendaraan serta pejalanan kaki namun tetap menghadirkan suasana yang nyaman serta memiliki akses untuk parkir kendaraan.

4. Modal yang Kuat

Modal yang besar sangat dibutuhkan karena untuk dapat menjaring pelanggan memerlukan  waktu yang tidak sebentar. Butuh waktu berbulan-bulan untuk dapat mendatangkan pelanggan dan meraih keuntungan. Sedang untuk bulan-bulan pertama harus siap menanggung risiko rugi disebabkan karena masih belum memiliki pelanggan.

Jika modal yang tersedia terbatas, maka besar kemungkinan restoran sudah gulung tikar karena ketiadaan modal sebelum sempat mendatangkan keuntungan. Itu sebabnya persiapan modal yang besar menjadi bagian dari kiat berbisnis restoran. Jika dana pribadi yang tersedia  masih dirasa mengkhawatirkan, cari pemodal kuat yang memiliki visi yang sama.

Solusi Lain: Promosikan dengan Gencar

Anda juga perlu mempromosikan bisnis restoran Anda. Tujuannya agar makin banyak orang yang tahu tentang restoran Anda. Dalam berpromosi, Anda juga bisa manfaatkan media promosi luar ruang, seperti: neon box, pakai spanduk/banner, pakai branding mobil, dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang butuh jasa media luar ruang di wilayah Depok atau sekitarnya, Anda bisa pakai jasa-jasa kami.

Butuh jasa pengurusan izin reklame, jasa pemasangan spanduk/baliho, jasa pembuatan billboard, neonbox, jasa branding mobil, dan media luar ruang lainnya? Yuk hubungi kami untuk konsultasi. Hubungi tim Brainwareadv - WhatsApp: 0857 1034 9468.

0/5 (0 Reviews)

brainware advertising

Brainwareadv.com adalah perusahaan penyedia jasa seputar media luar ruang. Kami menyediakan: jasa pengurusan izin pajak reklame, jasa pembuatan neon box, jasa branding mobil, dan berbagai solusi media luar ruang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *