Beranda » Promosi Bisnis » 4 Cara Ampuh Branding Kedai Kopi/Coffee Shop

4 Cara Ampuh Branding Kedai Kopi/Coffee Shop

Stok:
Berat 250 gram
Kondisi Baru
Kategori Promosi Bisnis
Dilihat 390 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
4 Cara Ampuh Branding Kedai Kopi/Coffee Shop
cara branding coffee shop*Harga Hubungi CS
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk 4 Cara Ampuh Branding Kedai Kopi/Coffee Shop

cara branding coffee shop

Bisnis kedai kopi atau coffee shop dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Namun demikian peluang untuk menjadi bagian dari bisnis tersebut masuk terbuka lebar, terlebih jika mampu menciptakan pasar baru dan merebut pasar yang sudah ada lewat kemampuan dalam melakukan branding kedai kopi.

Alasan yang membuat peluang untuk terjun di bisnis kedai kopi atau coffee shop masih terbuka lebar karena adiksi masyarakat Indonesia tentang kopi saat ini menempati urutan kedua setelah rokok. Artinya, segmen pasar masih sangat bagus selama kita mampu memanfaatkan setiap celah yang ada.

Alasan kedua karena Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia, namun tingkat konsumsi masyarakatnya terhadap kopi masih relatif rendah yaitu sekitar 1,2 kg perkapita pertahun. Angka tersebut masih di bawah tingkat konsumsi masyarakat Amerika terhadap kopi yang mencapai 4,3 kg perkapita, Austria dengan 7,6 kg perkapita serta Belgia yang mencapai 8,0 kg perkapita.  Padahal ketiga tersebut bukan produsen kopi, melainkan hanya importir.

Merujuk pada data yang ada tersebut, mereka yang ingin bergelut dengan usaha kedai kopi atau coffee shop tidak akan kesulitan untuk mendapatkan biji kopi pilihan dan terbaik dengan harga yang relatif murah.

Selain itu, masih rendahnya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap kopi, memunculkan peluang untuk membentuk pasar baru dengan meningkatkan tren mengkonsumsi kopi lewat serangkaian promosi aktif serta branding kedai kopi.

Langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk melakukan branding kedai kopi? Berikut beberapa diantaranya.

1. Diferensiasi Desain Ruangan

Di tengah ketatnya persaingan bisnis kedai kopi/coffee shop, memberikan nilai lebih pada desain ruangan menjadi sangat penting dalam melakukan branding kedai kopikarena dapat mempengaruhi persepsi pengunjung.

Perihal rasa memang tetap harus diutamakan, namun urusan rasa kopi hampir sebagian besar pengunjung kedai kopi/coffee shop sulit untuk membedakan antara tempat yang satu dengan yang lain. Disamping soal rasa penilaiannya cenderung bersifat subjektif dan selera. Hal itulah yang membuat sisi pembeda kedai kopi/coffee shop bukan lagi soal rasa melainkan bagaimana desain dari ruangannya.

Parameter sebuah ruangan ideal untuk menikmati lezatnya rasa kopi adalah nyaman dan menarik. Nyaman dalam arti dapat memberikan suasana yang tenang, santai dan menyenangkan, serta menarik dalam arti menghadirkan sesuatu yang berbeda dari apa yang dijumpai pelanggan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menu Kopi yang Variatif

cara branding coffee shop

Memberikan banyak pilihan varian rasa kopi juga bisa meningkatkan branding kedai kopi. Sehingga pengunjung tidak hanya ditawari dengan jenis kopi sebagaimana yang umum dijumpai di tempat-tempat lain, seperti Arabika, Robusta, Coffe Late, Capuccino atau Espresso, tapi juga varian rasa yang lain.

Untuk dapat memperoleh berbagai jenis biji kopi dan menyuguhkan banyak varian rasa tentunya bukan hal yang sulit untuk dilakukan para pengusaha kedai kopi/coffee shop, karena  banyak daerah di Indonesia yang menjadi penghasil kopi. Selain menawarkan berbagai varian kopi, akan menjadi lebih baik lagi jika memberi nama yang unik pada setiap menu yang ditawarkan.

3. Kampanye di Dunia Maya

Salah satu kunci sukses dari Starbucks sebagai kedai kopi yang mendunia adalah kepandaiannya dalam membangun branding kedai kopi dengan memanfaatkan dunia maya untuk mengkampanyekan produknya, utamanya melalui situs-situs jejaring sosialseperti Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube.

Apa yang telah dilakukan Starbucks tersebut  tidak ada salahnya untuk ditiru karena promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital memang harus diakui lebih efektif dibandingkan promosi dengan cara tradisional.

Memanfaatkan dunia maya untuk mengkampanyekan produk, tidak cukup hanya dengan menggunakan media sosial saja, tapi juga dengan membangun website, mengundang food blogger dan food vlogger, serta yang lain.

4. Manfaatkan Media Promosi Luar Ruang

Tak ketinggalan, manfaatkan juga media promosi luar ruang, seperti: neon box, branding mobil, spanduk/banner, dan sebagainya. Kenapa? Sebab dengan memanfaatkan media promosi luar ruang, Anda akan menambah pubikasi terhadap kedai kopi Anda. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang tahu tetang kedai kopi Anda.

Jika Anda membutuhkan jasa promosi media luar ruang, Anda bisa gunakan jasa-jasa berikut dari tim Brainwareadv:

Demikian 4 cara branding kedai kopiyang dapat dilakukan untuk dapat merebut pasar tetap yaitu para pecinta kopi dan membangun pasar baru yakni mereka yang masih belum dapat merasakan lezatnya secangkir kopi.

 

Tags: , , ,

Ditambahkan pada: 7 September 2020
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Chat via Whatsapp
Indra
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Indra
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja