Cetak spanduk adalah pekerjaan yang biasa dilakukan untuk memberikan suatu pengumuman terhadap suatu hal kepada masyarakat luas. Biasanya spanduk yang telah dicetak nantinya akan dipasang di tempat yang paling banyak dilalui orang atau paling banyak dilihat orang sehingga dengan demikian orang-orang akan dapat melihatnya dengan jelas. Spanduk biasanya berbentuk persegi panjang dimana di dalamnya bisa merupakan campuran gambar dan tulisan atau hanya tulisan saja. Karena ukurannya yang persegi panjang itu pun membuat cetak spanduk ini memiliki keterbatasan tempat daripada baliho yang tentunya berukuran lebih besar yang memuat lebih banyak gambar dan tulisan di dalamnya. Karena keterbatasannya inilah maka tentunya desain spanduk harus dapat dibuat dengan seefektif mungkin agar bisa berguna.

Dahulu spanduk kebanyakan dibuat dengan menggunakan bahan kain, namun pada saat ini justru spanduk dengan bahan kain sudah sangat jarang terlihat, karena memiliki banyak kekurangan. Dibanding dengan kain ada banyak bahan lainnya seperti vinyl yang digunakan pada pembuatan spanduk. Ada banyak hal yang bisa membuat spanduk menjadi lebih berguna pembuatannya, salah satunya tentunya adalah penempatannya, namun sebelum memilih tempat, maka Anda juga harus memikirkan bahwa Anda harus mendapatkan izin untuk pemasangan spanduk itu sebelum Anda benar-benar memasangnya. Kemudian desain yang ada di dalamnya juga sangat mempengaruhi efektif atau tidaknya spanduk yang akan dibuat tersebut.

Penempatan Logo

Sebaiknya Anda jangan lupa untuk meletakkan logo pada spanduk tersebut agar orang yang melihatnya bisa mengetahui siapa yang membuat spanduk tersebut tanpa perlu membaca lebih lanjut. Apalagi jika logonya memang sudah dikenal maka tentunya penempatan logo pada spanduk ini bisa menjadi suatu hal yang sangat penting untuk membuat spanduk itu menjadi lebih efektif. Logo sebaiknya ditempatkan pada bagian atas spanduk sehingga semua orang bisa melihat logo tersebut dengan jelas. Logo sebaiknya dibuat sebagaimana aslinya tanpa menambahkan apapun. Sebelum Anda melakukan cetak spanduk itu maka pastikan logo yang berhubungan dengan pembuatan spanduk itu sudah tersemat dengan posisi yang benar.

Tuliskan Hal-Hal Paling Penting

Karena biasanya yang mendominasi isi spanduk adalah tulisan maka jangan sampai lupa untuk menuliskan semua hal-hal yang paling penting yang ingin Anda sampaikan melalui spanduk tersebut. Namun tentunya hal-hal penting itu tetap harus dipilah, karena jika Anda menuliskan semua hal penting yang ingin Anda tulis pada cetak spanduk, maka akan terdapat terlalu banyak tulisan yang ada di dalam spanduk itu sehingga orang yang melihat tidak bisa fokus kepada hal paling penting dalam tulisan spanduk dan akhirnya informasi tidak tersampaikan dengan benar. Apalagi biasanya orang-orang hanya melihat spanduk dengan sekilas maka dari itu tentunya poin penting harus menjadi yang paling mencolok di dalam spanduk tersebut.

Penambahan Gambar

Pada saat hendak cetak spanduk Anda boleh saja menambahkan gambar pada spanduk itu, namun sebaiknya tidak boleh terlalu banyak karena hal itu akan makin mempersempit ruang yang ada untuk tulisan yang lebih penting daripada gambar dalam pembuatan spanduk. Apalagi biasanya penambahan gambar pada spanduk hanya akan membuat orang yang melihat spanduk itu tidak bisa fokus kepada tulisan dan hanya fokus pada gambarnya saja. Oleh karena itu saat menambahkan gambar pilih yang tidak terlalu mencolok dan pilihlah yang ada kaitannya dengan tulisan yang ada dalam spanduk sehingga dengan demikian terjadi kesinambungan antara tulisan dan gambar yang membuat orang tertarik saat melihat spanduk itu, penting sekali untuk memperhatikan hal ini sebelum cetak spanduk.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *