5 Cara Ampuh dan Jitu Promosi Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Home / Promosi Bisnis / 5 Cara Ampuh dan Jitu Promosi Bisnis Kuliner Untuk Pemula
5 Cara Ampuh dan Jitu Promosi Bisnis Kuliner Untuk Pemula

cara promosi bisnis kuliner untuk pemula

Bagi Anda yang membutuhkan solusi promosi media luar ruang untuk usaha kuliner, dapat menghubungi tim Brainwareadv. Kami menyediakan jasa-jasa seperti: jasa pembuatan neon box, jasa branding mobil, jasa sewa billboard, dan sebagainya.

Promosi bisnis kuliner perlu dilakukan oleh mereka yang membuka usaha makanan, karena kepandaian dalam memasak bukan satu-satunya modal untuk bisa sukses dalam menekuni bisnis yang satu ini. Terlebih usaha kuliner saat ini sedang booming, sehingga persainganpun semakin ketat. Tanpa promosi rasanya sulit untuk dapat memperoleh banyak pelanggan.

Bagi Anda yang memiliki atau akan membuka bisnis kuliner, namun masih bingung cara untuk mempromosikannya, berikut 5 cara promosi bisnis kuliner untuk pemula yang bisa Anda coba.

1. Word of Mouth

Promosi bisnis kulinerdengan cara word of mouth atau dari mulut ke mulut adalah cara promosi paling sederhana namun paling efektif karena menyentuh langsung kepada calon pelanggan.

Seseorang bisa jadi akan tertarik pada iklan dari berbagai media yang dibaca atau dilihatnya, namun kadar ketertarikannya masih di bawah informasi yang dia dengar langsung dari mulut orang lain. Terlebih promosi dengan cara ini tidak butuh biaya alias gratis.

Bagi pengusaha pemula, word of mouth bisa dilakukan dengan meminta bantuan keluarga, sanak kerabat, tetangga kanan kiri dan teman-teman untuk ikut membantu mempromosikan usaha yang Anda mulai.

Sedang bagi yang sudah cukup lama bergelut di bidang kuliner, promosi dari mulut ke mulut secara otomatis akan dilakukan oleh para pelanggan, sepanjang pelayanan yang Anda berikan selama ini memberikan kepuasan dan masakan yang dijual memanjakan lidah mereka.

2. Tester

cara promosi bisnis kuliner untuk pemula

Jangan pelit membagikan tester, terlebih jika Anda baru mulai membuka usaha, karena promosi bisnis kuliner memang berbeda dengan promosi bisnis yang lain. Jika bisnis lainnya dalam mempromosikan produk bisa dilakukan lewat media gambar disertai deskripsi tertulis dari spesifikasi produk, maka untuk bisnis kuliner calon konsumen merasa perlu untuk mengetahui rasa dari makanan yang akan dibeli.

Buatlah tester dalam ukuran kecil agar bisa dibagikan secara merata kepada banyak orang dengan tanpa menghabiskan biaya yang besar. Bawa dan bagikan secara gratis pada setiap acara yang Anda datangi, seperti rapat dasawisma, arisan serta berbagai pertemuan lainnya yang melibatkan banyak orang.

3. Jalin Kerjasama

Promosi bisnis kulinerperlu dilakukan lewat kerjasama yang dijalin dengan pihak lain untuk memperluas pangsa pasar, seperti bekerjasama dengan agen-agen perjalanan, pemilik dan pengelola rumah kos, hotel dan tempat penginapan, instansi dan perkantoran serta yang lain.

Kerjasama dengan pihak ketiga ini konsekuensinya memang harus mengeluarkan anggaran untuk tips bagi orang yang membantu penjualan produk makanan Anda ke instansi atau lembaga mereka. Namun tips yang Anda berikan tidak akan ada nilainya jika makanan yang dipesan dalam jumlah yang besar.

4. Manfaatkan Ruang Publik

Ruang publik yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang menjadi lokasi yang strategis untuk promosi bisnis kuliner karena dengan sekali promosi akan diketahui oleh banyak orang.

Cara memanfaatkan ruang publik ini bisa dalam bentuk memanfaatkan momen-momen khusus, seperti acara bazar, pameran, ekspo dan sebagainya. Pada saat ada momen khusus tersebut usahakan untuk ikut berpartisipasi dengan menjual produk secara langsung atau setidaknya membagikan tester kepada para pengunjung.

Cara lain dalam memanfaatkan ruang publik adalah dengan memperkenalkan produk lewat gambar dan tulisan dalam bentuk banner, baliho, spanduk atau poster dan selebaran.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan spanduk, banner, atau baliho, mari gunakan jasa pembuatan spanduk dari Brainwareadv.

Atau bagi Anda yang ingin membuat neon box dengan mudah dan praktis, mari hubungi tim Brainwareadv.

5. Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk promosi bisnis kulinermenjadi bagian dari sistem pemasaran yang tidak boleh dilewatkan, karena banyak orang terlebih generasi millennial mayoritas memegang smartphone dan memiliki akun media sosial.

Promosi melalui media sosial memiliki multi fungsi, karena selain bisa menjual produk secara langsung juga untuk meningkatkan branding, mengumpulkan database calon pelanggan potensial serta berinteraksi langsung dengan pengguna media sosial terkait produk yang dijual.

Demikian 5 cara melakukan promosi bisnis kuliner yang bisa dilakukan, baik untuk pemula maupun bagi mereka yang sudah lama menggeluti usaha makanan.

Butuh jasa pengurusan izin reklame, jasa pemasangan spanduk/baliho, jasa pembuatan billboard, neonbox, jasa branding mobil, dan media luar ruang lainnya? Yuk hubungi kami untuk konsultasi. Hubungi tim Brainwareadv - WhatsApp: 0857 1034 9468.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.