4 Peluang Usaha di Kota Depok dengan Modal Kecil

Home / Ide dan Inspirasi Bisnis / 4 Peluang Usaha di Kota Depok dengan Modal Kecil
4 Peluang Usaha di Kota Depok dengan Modal Kecil

ide peluang usaha Depok

Minimnya serapan kerja terhadap angkatan kerja produktif di Kota Depok, membuat masyarakat perlu menggali peluang usaha Depok agar angka pengangguran yang ada di Kota Administratif penyangga Jakarta ini dapat berkurang.

Sebagaimana catatan dari Badan Pusat Statistik Kota Depok, dari 790.000 angkatan kerja hanya sekitar 7.000 – 8.000 angkatan kerja produktif saja yang bisa terserap bekerja setiap tahunnya. Hal itulah yang menjadikan angka pengangguran di Depok masih cukup tinggi persentasenya yaitu 6,6 persen, atau lebih tinggi dari rata-rata Nasional yaitu 5,61 persen.

Kondisi tersebut sebenarnya cukup memprihatinkan, mengingat peluang usaha Depok cukup menjanjikan karena kota ini menjadi salah satu tujuan utama generasi millenial dari seluruh penjuru tanah air yang ingin belajar.

Tidak kurang dari 14 perguruan tinggi yang ada di sini, beberapa diantaranya merupakan perguruan tinggi yang memiliki nama, seperti: Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Mercu Buana, BSI (Bina Sarana Informatika) dan sejumlah pergurunan tinggi yang lain.

Dengan melihat kondisi yang ada itulah, berikut 4 peluang usaha Depok yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan.

1. Kuliner

Usaha kuliner yang dimaksud disini, bisa dalam bentuk warung makanan dan minuman, katering atau jajanan. Pokoknya apapun jenis makanan dan minuman yang dijual selama rasanya dapat memanjakan lidah dengan harga yang ramah dengan kantong mahasiswa dijamin bakal laris manis.

Puluhan ribu mahasiswa yang memadati kampus-kampus Perguruan Tinggi di Depok merupakan pasar yang empuk untuk bisnis kuliner, karena sebagian besar mahasiswa tidak memasak sendiri untuk kebutuhan pokoknya, yaitu makan dan minum. Itu sebabnya kuliner menempati urutan pertama dalam daftar peluang usaha Depok yang bisa dijadikan pilihan.

2. Foto Kopi

Membuka bisnis penjualan ATK (alat tulis dan kantor) serta jasa foto kopi di tempat-tempat yang tidak jauh dari sekolah-sekolah dan kampus Perguruan Tinggi merupakan peluang usaha Depok yang tidak pernah sepi dari pengunjung karena alat-alat tulis dan foto kopi menjadi sarana wajib dalam menunjang belajar dan mengerjakan tugas bagi para pelajar dan mahasiswa.

Lengkapi pula jasa  fotokopi tersebut dengan layanan fotokopi digital untuk mencetak file dari flash disk atau memory card, printer untuk membuat cetakan warna, cetak foto serta layanan penjilidan.

3. Laundry

Sama halnya dengan kebutuhan makan dan minum, untuk mencuci pakaianpun sangat sedikit mahasiswa yang melakukannya sendiri dengan cara manual. Mereka lebih memilih jasa laundry untuk mencuci, sehingga bisnis ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

Namun demikian, karena sudah cukup banyak layanan laundry di kawasan kampus dan pemukiman penduduk, maka inovasi perlu dilakukan untuk dapat meraih banyak pelanggan, baik dari sisi harga maupun pelayanan. Jika mengawali dari nol dengan modal terbatas, jenis layanan laundry konvensional bisa dijadikan pilihan karena tidak butuh mesin cuci banyak. Tapi jika usaha sudah berkembang pesat bisa mencoba membuka layanan laundry self service.

4. Jasa Penitipan Kendaraan Bermotor

Depok memiliki lima stasiun yaitu Stasiun Depok Lama, Stasiun Depok Baru, Stasiun Citayam, Stasiun Pondok Cina dan Stasiun Universitas Indonesia. Bagi mereka yang memiliki rumah atau lahan di dekat stasiun, peluang yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan halaman rumah atau lahan yang berlokasi di dekat stasiun sebagai tempat penitipan motor.

Jasa penitipan motor ini merupakan peluang usaha Depok yang cukup menggiurkan karena banyak penumpang commuter line yang butuh tempat untuk menitipkan kendaraan bermotor mereka.

Butuh jasa pengurusan izin reklame, jasa pemasangan spanduk/baliho, jasa pembuatan billboard, neonbox, jasa branding mobil, dan media luar ruang lainnya? Yuk hubungi kami untuk konsultasi. Hubungi tim Brainwareadv - WhatsApp: 0857 1034 9468.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.