3 Prinsip dan Cara WAJIB Mengembangkan Bisnis UKM

Home / Tips Bisnis / 3 Prinsip dan Cara WAJIB Mengembangkan Bisnis UKM
3 Prinsip dan Cara WAJIB Mengembangkan Bisnis UKM

cara mengembangkan bisnis UKM

Siapapun yang memiliki usaha pasti akan mencari cara mengembangkan bisnis yang ditekuninya, tidak terkecuali pemilik bisnis UKM. Karena tidak ada satupun pengusaha yang menginginkan bisnisnya stagnan apalagi sampai merugi. Persoalannya, untuk dapat mengembangkan bisnis bukan persoalan yang mudah, karena berbagai kendala selalu hadir di sela-sela upaya untuk mengembangkan bisnis.

Kendala memang tidak dapat dihindari karena kendala merupakan bagian dari bisnis itu sendiri. Bahkan dari kendala demi kendala yang dihadapi, seorang pengusaha dapat menarik pelajaran yang berharga untuk membesarkan bisnis mereka.

Sepanjang memiliki tekad yang bulat untuk menjadi seorang pengusaha sukses sambil dibarengi dengan strategi yang matang dalam menjalankan bisnis, maka sukses akan hadir pada waktunya. Inilah cara mengembangkan bisnis bagi pengusaha yang ingin sukses.

1. Beri Keuntungan Kepada Konsumen

Jangan hanya berpikir untuk mencari keuntungan saja meskipun Anda seorang pengusaha, tapi pikirkan juga keuntungan yang bisa didapat pembeli. Karena dengan memikirkan keuntungan yang bisa didapat pembeli merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis.

Jika pembeli merasa diuntungkan, maka hukum timbal balik akan berlaku, yaitu pembeli yang bersangkutan akan membeli lagi produk yang Anda jual atau bahkan mempromosikan produk Anda kepada orang lain.

Sehingga Anda sebagai pengusaha UKM akan mendapatkan keuntungan ganda setelah memberikan keuntungan kepada pembeli, yaitu: keuntungan dari terjualnya produk, keuntungan memperoleh pelanggan tetap dan keuntungan mendapatkan promosi gratis.

Banyak cara agar pembeli merasa diuntungkan, seperti memberikan garansi seumur hidup pada produk yang dijual, garansi uang kembali jika produk tidak sesuai dengan ekspektasi, serta yang lain.

2. Lakukan Evaluasi dan Pembaruan

tips mengembangkan bisnis UKM

Cara mengembangkan bisnis UKM dapat pula lewat pembaruan secara berkala, baik dari sisi layanan, kemasan produk, sistem promosi dan sebagainya. Untuk itu analisa terhadap perjalanan  bisnis wajib dilakukan.

Tujuannya banyak, seperti untuk mengetahui produk apa yang paling dicari konsumen, hambatan apa saja yang ditemui selama menjalankan bisnis, dan sebagainya. Dengan melakukan evaluasi, Anda akan dapat melihat posisi dari bisnis yang Anda jalankan di antara para kompetitor.

Mengetahui posisi bisnis Anda diantara para kompetitor, membuat Anda lebih mudah dalam memenangkan persaingan. Anda tinggal melakukan pembaruan untuk menyempurnakan kekurangan karena Anda memahami kekurangan dan kelebihan dari produk yang dihasilkan, serta mempertahankan bila perlu meningkatkan kelebihan dari bisnis Anda.

Jangan lupa, trend pasar dari waktu ke waktu selalu berubah dan para kompetitor juga tidak pernah berhenti memanfaatkan trend yang sedang berkembang untuk dapat memenangkan persaingan.

Jika para kompetitor terus memperbarui dan menyempurnakan bisnis yang mereka jalankan, sementara Anda berdiri di tempat, maka kehancuran dari bisnis Anda hanya tinggal menunggu waktu.

Mengikuti trend yang sedang berkembang memang merupakan cara mengembangkan bisnis yang wajib dilakukan. Tapi jangan sampai kaku dalam menyikapi trend pasar. Karena jika terjebak oleh trend pasar, bukan tidak mungkin apa yang Anda lakukan sama dengan yang dilakukan kompetitor sehingga hasilnya akan sia-sia.

Itu sebabnya dalam bisnis dibutuhkan inovasi. Melalui inovasi itulah Anda bisa membaca trend pasar dan menciptakan sesuatu yang diharapkan bisa menjadi trendsetter.

3. Jadikan Sesuatu Menjadi Lebih Mudah

Perkembangan teknologi memungkinkan aktifitas apapun menjadi lebih mudah, tidak terkecuali dalam bisnis. Karena itu, salah satu cara mengembangkan bisnis adalah dengan manfaatkan teknologi untuk mempermudah Anda dalam memasarkan produk sekaligus mempermudah konsumen dalam berbelanja produk.

Sudah barang tentu membuat toko online, membangun website dan memasarkan produk lewat sosial media saat ini menjadi salah satu pilihan yang tidak bisa ditawar. Jadikan online shop atau website sebagai toko kedua Anda untuk melayani konsumen yang sibuk atau malas keluar rumah.

Cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk juga tidak boleh ditinggalkan, karena sosial media saat ini merupakan sarana promosi yang efektif dan murah, bahkan gratis, disamping memiliki jumlah pengguna yang sangat besar.

Butuh jasa pengurusan izin reklame, jasa pemasangan spanduk/baliho, jasa pembuatan billboard, neonbox, jasa branding mobil, dan media luar ruang lainnya? Yuk hubungi kami untuk konsultasi. Hubungi tim Brainwareadv - WhatsApp: 0857 1034 9468.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.